Kamis, 13 Januari 2011

Tusuk KONDE

Semua tentu lumrah dengan panggilan salah satu asesoris wanita ini. Paling simpel,Bisa pakai pulpen, pensil atau sumpit.

Diawali Iseng, aku mulai menyukai Tusuk konde dan ingin membeli tusuk konde yg lucu dan unik. Karena keseharianku menggunakan Jilbab, maka saat dirumah rambut harus digerai agar sehat dan tidak rapuh.
Namun mengingat suhu kota Jakarta yang panas, aku perlu alternative lain yaitu menjepit rambut (jgn diikat yah (karena bisa menyebabkan kerapuhan, atau dikonde)

Jenis2 Tusuk Konde
Ada macam-macam jenis loh, Tusuk konde dlm negri, dan luar negri seperti Korea dan Jepang karakteristiknya berbeda. Materialnya pun bermacam-macam

1. Kanzashi
Kanzashi, hiasan rambut tradisional khas jepang, biasa dipakai secara lengkap oleh Maiko & Geisha (selain untuk hiasan rambut, juga untuk nunjukkin status kesenioran mereka). Bentuknya, ada yg berupa sumpit untuk tusuk konde (hairstick), sirkam (haircomb), etc

Ini adalah contoh Hana Kanzashi (dgn jenis tusuk konde bunga)


Truly Addicted to dis one!!





2. Tusuk konde binyeo

Tusuk konde yang digunakan oleh Masyarakat korea. Material dari tusuk konde ini menunjukan tingkat sosial mereka.




3. Tusuk Konde Indonesia
Inget dong Istri Mantan Presiden Indonesia yang kedua, Ibu Tien Soeharto, beliau yang kerap memakai kebaya lengkap dengan kondenya. Sttt.. sempat ada gossip berhembus bahwa salah satu Tusuk konde yang dipapaki beliau itu memiliki daya magis yang kuat untuk kepemimpinan Suaminya.. (whaat???) cape deeh.. namanya jg gossip.. yang pasti Tusuk konde Indonesia tak kalah cantik, dan jelas memiliki Karakteristik yang unik dan antic

Tusuk Konde etnik Bali


Konde Ala Etnik Jawa



Konde Sanggul



Cara menggunakan Tusuk Konde
1. pegang keseluruhan rambut seperti akan mengikat ekor kuda
2. masukkan konde/sumpit/pena (pena agak licin n cenderung pendek, tapi kalo mau ya gpp =)) ke rambut, bagian samping kiri (bisa kiri/kanan tapi disini saya sebutkan kiri)
3. putar tusuk konde ke arah kanan, atas, kiri dan seterusnya berlawanan dengan arah jarum jam
4. setelah ujung rambut tersisa sedikit, tusukkan konde/sumpit/pena ke arah kepala (ke dalam gulungan rambut yg sudah terbentuk) .. voila!

Benar-benar aksesoris yang cantik... fuiihh..
jdi pengen beli n koleksi.. ^_^ (maklum masih pake sumpit mie hihihi)



..

2 komentar:

  1. wah makasih banyak nih buat infonya. great job! :)

    BalasHapus
  2. beli tusuk konde jepang itu dimana ya??

    BalasHapus