Jumat, 26 November 2010

Undangan Audisi Menulis "BICARALAH PEREEMPUAN"

deadline: 10 Desember 2010

Undangan Audisi Menulis "Bicaralah Perempuan"
Dalam Rangka Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan
(16 Days of Activism Against Gender Violence)

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16 Days of Activism Against Gender Violence) merupakan kampanye internasional untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. Aktivitas ini sendiri pertama kali digagas oleh Women's Global Leadership Institute tahun 1991 yang disponsori oleh Center for Women's Global Leadership. Setiap tahunnya, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 November yang merupakan Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan hingga tanggal 10 Desember yang merupakan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional. Dipilihnya rentang waktu tersebut adalah dalam rangka menghubungkan secara simbolik antara kekerasan terhadap perempuan dan HAM, serta menekankan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM.

Di Indononesia, sebagai institusi nasional hak asasi manusia di Indonesia, Komnas Perempuan menjadi inisiator kegiatan ini. Keterlibatan Komnas Perempuan dalam kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) telah dimulai sejak tahun 2003.

Sementara bagi Forum Solidaritas Buruh Serang (FSBS), kegiatan ini adalah pengalamannya yang pertama. Sebagai informasi, FSBS merupakan sebuah element ketenagakerjaan di Kabupaten Serang yang konsens terhadap isu hubungan industrial dan demokrasi. Tentu saja, keterlibatan FSBS dalam kampanye ini bukannya tanpa tujuan. Apalagi, sejak terbentuknya Biro Perempuan di lembaga ini pada tahun 2008 lalu, FSBS aktif terlibat dalam isu-isu kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan, khususnya dalam hubungan industrial.

Untuk tahun 2010 ini, tema yang diangkat oleh Komnas Perempuan adalah "Kekerasan Seksual: Kenali dan Tangani". Kekerasan seksual adalah salah satu isu penting dan sekaligus yang paling rumit dalam peta kekerasan terhadap perempuan. Mengurai simpul akar permasalah dan memecah kebisuan para perempuan korban kasus kekerasan seksual hanya dapat terjadi dengan mendekatkannya pada penglihatan, pendengaran, pikiran dan hati masyarakat.

Bicaralah Perempuan

Terkait dengan Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan, Forum Solidaritas Buruh Serang (FSBS) bekerjasama dengan Komnas Perempuan dan Penerbit Leutika Prio mencoba mengangkat kisah-kisah kekerasan seksual, baik di lingkungan masyarakat dan di tempat kerja melalui audisi menulis bertajuk "Bicaralah Perempuan".

Bicaralah Perempuan merupakan ajang curah pendapat atau pandangan kaum perempuan terkait dengan kekerasan terhadap perempuan melalui media tulisan. So, kepada anda yang pernah mengalami kekerasan seksual, mendengar, menyaksikan, menjadi korban, atau lain-lain, tuangkan pengalamanmu dalam sebuah cerita kisah nyata (bukan fiksi). Bisa berbentuk curah pendapat, surat terbuka, artikel lepas, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, baca informasi berikut:

1. Tulis pengalaman anda terkait dengan kekerasan seksual (lebih diutamakan dalam dunia perburuhan) dengan panjang tulisan maksimal 12 halaman A4 spasi 1 ½, dengan font Times New Roman 12.

2. Harus berupa KISAH NYATA, bisa berupa pengalaman pribadi atau orang-orang terdekat. Boleh pengalaman terlibat langsung atau pengalaman orang terdekat yang mengalami langsung. Bagi peserta yang menceritakan pengalaman orang lain, diperbolehkan menggunakan kata ganti orang pertama atau orang ketiga. Tulisan bisa berbentuk curah pendapat, surat terbuka, artikel, dan sebagainya.

3. Kirim tulisan anda ke bicaralahperempuan@yahoo.co.id dan di cc ke suarasolidaritas@gmail.com, dengan subjek email: BICARALAH PEREMPUAN. Jangan lupa, sertakan biodata lengkap (nama asli, nama pena, alamat FB, email, no. hape), beserta biodata deskriptif.

4. Setiap peserta diperbolehkan mengirim lebih dari 1 (satu) tulisan.

5. Naskah yang masuk menjadi hak milik Forum Solidaritas Buruh Serang (FSBS), yang akan dipergunakan untuk kepentingan kampanye anti kekerasan terhadap perempuan.

6. Sepuluh tulisan terbaik akan diterbitkan dalam bentuk buku oleh Leutika Prio, bersama-sama dengan tulisan serupa dari para pekerja/buruh terkait kekerasan seksual dalam perburuhan di Serang-Banten. Masing-masing penulis berhak mendapatkan 1 buah

7. 5 (lima) orang penulis terbaik juga mendapatkan paket buku dan souvenir menarik dari Komnas Perempuan.

8. Disarankan menjadi fans pada halaman Forum Solidaritas Buruh Serang, untuk mendapatkan perkembangan terbaru event ini.

9. Event Bicaralah Perempuan ini terbuka untuk umum dari tanggal 25 November 2010 hingga 10 Desember 2010 (jam 24.00 wib). Pengumuman pemenang selambat-lambatnya tanggal 20 Desember 2010. Keputusan dewan juri bersifat final, dan tidak dapat diganggu gugat.

10. Seluruh dana yang terkumpul dari hasil penjualan buku Bicaralah Perempuan ini akan disumbangkan kepada Biro Perempuan Forum Solidaritas Buruh Serang, untuk melakukan advokasi terhadap diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan di tempat kerja.

Mari bergabung bersama kami, dan lantangkan suaramu untuk mengkampanyekan tidak ada lagi kekerasan terhadap perempuan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar